VR46 Racing Team, Tim Balap Valentino Rossi yang Bikin Pertamina Lubricants Terpincut

Liputan6.com, Jakarta – Secara mengejutkan, Pelumas Pertamina menjadi sponsor utama tim balap VR46 untuk berlaga di MotoGP, balap motor kategori tertinggi di dunia. Perusahaan pelat merah itu mensponsori tim balap asal Italia selama tiga (3) musim pada tahun 2024 hingga 2026 dengan nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

VR46 Racing Team sendiri merupakan pendatang baru di kategori Kings. Namun sosok di balik tim ini bukan sembarang orang, melainkan legenda hidup MotoGP, yakni Valentino Rossi.

Jauh sebelum berdirinya tim balap VR46, Valentino Rossi mendirikan VR46 Riders Academy pada tahun 2013. Ia masih aktif membalap sepeda motor saat itu.

Akademi ini lahir dari keprihatinan Rossi terhadap para pebalap Spanyol yang mendominasi MotoGP. Tercatat, ia menjadi satu-satunya pebalap Italia yang menjuarai MotoGP pada musim 2008 dan 2009, setelah itu didominasi pebalap asal Spanyol, seperti Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

“Ide di balik Akademi VR46 adalah untuk membantu atlet Italia mencapai level tertinggi dalam karir balap mereka. Kami mencoba untuk menghasilkan tidak hanya atlet yang cepat tetapi juga sikap yang baik. Kami membawa akademi ini dengan sepenuh hati. Selesai,” kata Rossi. roadracingworld.com.

Dan Peternakan VR46 adalah fasilitas pelatihan utama untuk Akademi VR46 di Tavullia. Pemain-pemain muda berbakat dikembangkan di sini, tidak hanya dalam keterampilan dan fisik mereka, tetapi juga dalam psikologi mereka.

Moto3 2014 merupakan pertama kalinya para atlet muda binaan Akademi VR46 mengikuti ajang resmi bersama Sky Racing Team melalui VR46. Hasilnya lumayan karena Romano Fanati terutama membantu finis di posisi ke-5 klasemen sebagai joki.

VR46 pun naik level dengan mengikuti ajang Moto2 2017 dengan mengandalkan pembalap muda saat itu, Francisco Bagnaia. Setahun kemudian, anak didik Rossi itu menjadi juara dunia Moto2 2018.

READ  Motor Listrik Honda EM1 e: Mungil tapi Mampu Angkut Beban 180 Kg

Dan musim balap 2020 menjadi tahun yang sangat manis bagi jebolan akademi VR46 ini, karena Luca Marini dan Marco Bizcchi berhasil merebut gelar juara Moto2 1 dan 2 bersama tim Sky Racing VR46.

Baru pada tahun 2022 tim VR46 yang menggunakan nama Mooney VR46 Racing Team akan menjajaki balapan di kategori terbesar, MotoGP.

Di musim pertamanya di MotoGP, duet Luca Marini dan Marco Bezzichi tampil cukup baik hingga menempati posisi kedelapan klasemen melawan 12 tim.

Peningkatan performa terjadi sepanjang MotoGP 2023. Marco Bizzi berhasil meraih gelar rookie terbaik MotoGP 2022 dan finis ketiga klasemen di akhir balapan.

Ia tertinggal 138 poin dari Francesco Bagnaia, juara dunia MotoGP 2023 dan rekan setim Bezzecchi di akademi VR46.

Menanti musim balap 2024, VR46 yang mendapat suntikan dana dari Pertamina Lubricants akan mengandalkan Marco Bizcchi dan Fabio Di Gianntonio. Sedangkan Luca Marini bergabung dengan tim Honda.

Performa apik Fabio Di Giannantonio di beberapa seri terakhir memberikan kepercayaan diri tim Pertamina Enduro VR46 Racing untuk menatap balapan musim depan yang akan menjadi seri terakhir dari 22 seri tersebut.

“Kami menantikan performa bagus dan konsisten Fabio, khususnya di sisa musim MotoGP 2023. Kami berharap mampu memperpanjang kesuksesan tim MotoGP Pertamina Enduro VR46 musim depan. Kami sangat bersemangat.” maju penuh. Harapannya musim depan bersama Fabio dan Marco di MotoGP,” jelas Direktur Utama Pelumas Pertamina, Veri Perugi dalam keterangan resminya (7/12/2023).

Fabio Di Giannantonio atau akrab disapa Digia mengaku sangat bangga bisa bergabung dengan tim VR46 MotoGP.

“Ini adalah kesempatan luar biasa bagi saya untuk terus berkembang dan menunjukkan kemampuan saya. Bersama-sama saya yakin kita bisa mencapai hal-hal besar dan membanggakan fans kita,” ujar pembalap asal Italia itu.

READ  Mitsubishi Hadirkan Konsep Petualangan di Japan Mobility Show 2023

Terkait kerja sama dengan Pertamina Lubricants, Gianluca Falcioni, CEO VR46 Racing mengaku senang bisa berkolaborasi dengan perusahaan asal Indonesia tersebut. Dan menurutnya, VR46 Racing Team sudah tidak sabar untuk memulai era baru bersama Pertamina Enduro pada tahun depan.

Jelas ini merupakan kolaborasi strategis antara VR46 dan Pertamina. Bukan hanya sebagai brand saja, saya rasa penting juga bagi negara untuk memulai kerjasama ini,” kata Falcioni.

Dikatakannya, pihaknya baru pertama kali menjalin kerja sama dengan perusahaan Indonesia dan merasa sangat senang, sangat bersemangat dan tidak sabar untuk memulai kerja sama. “Saya melihat banyak potensi dalam kolaborasi ini,” tambahnya.

Sementara itu, Allesio Salucci selaku direktur tim tim balap VR46 menyambut baik kolaborasi baik dan tonggak penting dalam sejarah tim ini.

“Kami merasa sangat terhormat bisa bermitra dengan Pertamina Lubricants di dunia motorsport. Dengan kemitraan baru ini kami tidak hanya menyatukan passion, tapi juga dua penggemar terbesar dan paling setia di MotoGP,” ujarnya.

“Pada tahun 2024 era baru dalam sejarah kami di MotoGP akan dimulai. Era ini akan menjadi petualangan penuh kesuksesan,” tambah sahabat Valentino Rossi.

You May Also Like

About the Author: Dea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *