Youtuber 1 Juta Subscriber Terciduk Polda Jabar karena Bajak Siaran Piala Dunia U-17 Tanpa Izin

Liputan6.com, Jakarta – Rusli, seorang YouTuber yang membajak atau menyiarkan Piala Dunia FIFA U-17 di Internet, akhirnya akan menghadapi hukum.

Rusli ditangkap Polda Jabar di rumahnya di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, pada 6 Desember 2023. Kini, dia diperiksa.

Pembajakan konten Rusli berdampak serius pada platform Vidio (PT Vidio Dot Com), karena ia memegang hak siar resmi pertandingan Piala Dunia FIFA U-17. Vidio melaporkan aktivitas ilegal Rusli yang diposting di YouTube tanpa izin ke Polda Jabar.

YouTuber ini ditangkap polisi pada 6 Desember 2023 sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Usai tertangkap, pemilik akun KTP Rusli mengaku melakukan perampokan dengan motif keuangan.

Dia mengatakan dia mencoba memonetisasi YouTube dengan menyiarkan Piala Dunia U-17 FIFA. Atas perbuatannya, Rusli dijerat UU ITE.

Materi bajakan yang diunduh dari Kepri ini bisa disaksikan di seluruh tanah air, ketika ditemukan kasus ilegal ini di wilayah Jawa Barat, tim Anti Pembajakan Video langsung melimpahkan kasus tersebut ke Polda Jabar.

Meski tidak cukup bukti untuk menuntut Rusli, polisi memberikan kesempatan kepada Rusli dan Vidio untuk mencapai kesepakatan melalui mediasi, tulis juru bicara Vidio.com dalam keterangannya, Jumat (15/12/2023).

Dia menyatakan penyesalannya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Vidio pun menerima permintaan maaf Rusli dan tidak mengajukan tuntutan hukum. Rusli pun diterima menjadi komandan laporan.

Kapolri Deni Okvianto, Direktur Reserse Khusus Polda Jawa Barat, mengatakan, pemberantasan kasus pembajakan juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai dampak buruk penyebaran isu tersebut secara hukum.

“Tindakan mempublikasikan konten ilegal sangat meresahkan pemilik situs legal dan seluruh pihak yang terlibat dalam pembuatan acara khusus ini,” ujarnya.

Gina Golda Pangaila, SVP Hukum dan Anti Pembajakan Video, berharap penangkapan Rusli bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat agar tidak melakukan hal serupa.

READ  Link Live Streaming Liga Inggris Luton Town vs Arsenal, Selasa 5 Desember 2023 di Vidio

“Video tersebut akan terus menggandeng berbagai kalangan dan terus mendorong tumbuhnya perkembangan ekonomi bisnis dan ekonomi digital di Indonesia,” kata Gina.

Selain itu, Vidio berharap aksi tanggap yang dilakukan Polda Jabar ini bisa menjadi langkah awal yang bisa berdampak pada pelaku kejahatan.

“Vidio juga mengajak masyarakat untuk berperan dalam pemberantasan pembajakan dan pelanggaran hak intelektual, serta membuka layanan pelaporan melalui piracy@vidio.com,” kata Gina.

Selain itu, Telkomsel dan Vidio juga memberikan program hiburan dan olah raga melalui paket tambahan Vidio Diamond seharga Rp 1.000 kepada pelanggan baru IndiHome TV.

Penawaran ini berlaku mulai 1-31 Desember 2023, di mana pelanggan bisa mendapatkan seluruh tayangan paket Vidio Diamond di berbagai lokasi tontonan.

Paket Add-On Vidio Diamond Rp 1.000 ini memiliki masa aktif 1 bulan dan berlaku pada pembelian pertama bagi pengguna baru IndiHome TV. Bulan depan harga regulernya Rp 99 ribu.

Dengan membeli Add-On Video Diamond, para penggemar serial Indonesia dapat menonton lebih banyak Video Series di IndiHome TV. Misalnya saja serial laga Betting Season 2, kisah cinta segitiga Merajut Dendam, serta organisasi lokal lainnya seperti The sexy Doctor is Mine 2, My Nerd Girl 2, Virgin Mom 2, dan Love Ice Cream.

Di sisi lain, para pecinta olahraga Vidio dapat menikmati tayangan langsung berbagai jenis olahraga dalam dan luar negeri, seperti BRI Liga 1, Pegadaian Liga 2, Pro Liga, Livoli, IBL, Serie A, La Liga, Ligue 1, UCL, UEL, Piala FA, NBA, bahkan Liga Inggris.

FMC Telkomsel Home Broadband & Customer Marketing Vice President Dedi Suherman mengatakan, “Sebagai penyedia layanan terintegrasi terbesar di Indonesia, Telkomsel terus mengembangkan layanan IndiHome IPTV sesuai kebutuhan digital masyarakat.”

READ  Catat, Ini Cara Agar Baterai iPhone Tetap Awet!

Telkomsel, kata Dedi, terpaksa melakukan usaha patungan.

“Kami berharap kemitraan Vidio dapat meningkatkan pengalaman pelanggan,” kata Dedi.

Sementara itu, CEO Vidio Hermawan Sutanto mengatakan promo Add-On Vidio Diamond akan memberikan akses ruang keluarga Indonesia sebagai pusat hiburan digital dengan segala konten berbeda yang ditawarkan. anggota, dari ayah. ibu, saudara laki-laki, saudara perempuan.

Di sisi lain, IndiHomeTV merupakan salah satu layanan utama IndiHome. IndiHome kini menjadi layanan broadband Telkomsel yang menawarkan internet dan hiburan rumah dengan jangkauan jaringan fiber optik TelkomGroup yang luas di 507 dari 514 kota/negara bagian di pulau-pulau terpencil di Indonesia.

Kabel serat optik TelkomGroup terbentang sepanjang 170.000 km atau 4 kali keliling dunia, serta mencakup pusat di pulau-pulau terpencil dan lebih dari 14 juta port optik.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *