Samsung Health Punya Fitur Baru, Bisa Lacak Obat yang Diresepkan

Liputan6.com, Jakarta – Kesehatan merupakan bagian penting dari gaya hidup setiap orang. Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, masyarakat memiliki aplikasi kesehatan di ponsel mereka untuk memantau status kesehatan mereka.

Faktanya, saat ini merek ponsel Android secara eksklusif menawarkan aplikasi kesehatan dan fitur pendukung kepada penggunanya.

MengutipNews18, Selasa (26/12/2023), Samsung menawarkan beberapa perawatan dengan aplikasi Samsung Health. Dengan fitur ini, pengguna dapat melacak semua obat yang diresepkan dan mengingatkan kapan harus meminumnya.

Pengguna dapat memasukkan data tentang jenis obat yang diminumnya, seperti bentuk dan warna pil yang diresepkan.

Melalui fitur ini, pengguna akan diingatkan jika stok obat semakin menipis dan memerlukan bantuan tambahan dari dokter.

Selain itu, fitur ini menjelaskan detail obat yang diminum pengguna. Misalnya untuk mengingatkan pengguna jika ada efek pada obatnya, atau jika ada yang salah dengan pilnya.

Dalam mengembangkan konten medis ini, Samsung meminta bantuan para ahli dari perusahaan bernama Elsevier.

Samsung menghadirkan fitur aplikasi kesehatan baru kepada pengguna AS ketika aplikasi tersebut mendapat pembaruan baru bulan ini.

Untuk menggunakan fitur ini, Samsung mengatakan pengguna harus memiliki ponsel Android 8.0 atau lebih baru dan menggunakan aplikasi Samsung Health versi 6.26 atau lebih baru.

Samsung tidak hanya menawarkan fitur kesehatan di smartphone, Samsung juga menawarkan fitur bermanfaat tersebut di jam tangan besutannya.

Salah satu fiturnya adalah dukungan aktivitas tidur, kini Samsung Galaxy Watch6 hadir dengan fitur sleep coaching yang bisa diakses melalui aplikasi Samsung Health di ponsel.

Pengguna dapat menyesuaikan preferensi mereka dengan aktivitas olahraga menggunakan fitur olahraga standar. Sedangkan bagi yang suka lari, Anda bisa menggunakan fitur Track Run dan membuat track atau rute yang sesuai dengan kebutuhan.

READ  Stumble Guys dan Tetris Kolaborasi, Hadirkan Level Baru Seru dan Menantang

Selain itu, komposisi tubuh beserta pengukuran fisik utama seperti massa otot rangka, laju metabolisme basal, persentase air tubuh dan lemak tubuh menampilkan gambar untuk memberikan pendekatan yang lebih tepat sasaran terhadap tubuh dan kesehatan pengguna.

Oleh karena itu, pengguna dapat menetapkan tujuan, memantau kemajuan, dan perangkat dapat memberikan panduan lain melalui perawatan yang dipersonalisasi.

Jam tangan pintar ini menghadirkan fitur baru Notifikasi Irama Jantung Tidak Teratur (IHRN) yang membantu memantau kesehatan jantung yang ada melalui elektrokardiogram, tekanan darah, dan detak jantung.

Kesehatan mental juga penting bagi Oppo. Berbeda dengan Samsung, Oppo O Relax berfokus pada kesehatan mental penggunanya dengan menawarkan fitur atau aplikasi.

Pengguna Oppo Reno10 5G atau perangkat Oppo lainnya dapat menggunakan aplikasi bernama Oppo Relax atau O Relax di ponselnya dan mendapatkan musik atau alat yang mendukung pengguna untuk bersantai.

Fitur atau O Relax ini merupakan aplikasi khusus yang memberikan efek relaksasi kepada pengguna.

Merujuk laman Oppo, perusahaan secara khusus mengembangkan aplikasi ini untuk mendukung penggunanya agar lebih tenang dalam menjalani kehidupan.

Relaksasi dapat dicapai melalui meditasi mindfulness, yang mengajak seseorang untuk duduk dengan tenang, fokus pada napas, dan memfokuskan pikiran.

Untuk duduk tenang dan memfokuskan pikiran agar tubuh dan pikiran rileks, Anda bisa menggunakan musik santai dan rileks.

Selain kesehatan, Samsung juga meluncurkan OneUI berbasis OS Android 14 untuk banyak pengguna perangkatnya. UI yang satu ini menghadirkan beberapa fitur baru dan pembaruan visual pada perangkat.

Tak hanya itu, menurut The Indian Express, Rabu (20/12/2023), Samsung juga menambahkan beberapa fitur keamanan baru termasuk pemblokiran otomatis.

Fitur pemblokiran otomatis Samsung di One UI 6 dengan cepat meningkatkan aspek keamanan smartphone Galaxy. Oleh karena itu, perangkat dikatakan lebih aman dan tidak rentan terhadap peretasan dan ransomware.

READ  7 Fitur Keamanan Android untuk Lindungi Pengguna dari Scam

Secara fungsional, jika pengguna ponsel Samsung mengaktifkan fitur ini, mereka dapat memblokir instalasi aplikasi dari sumber yang tidak sah.

Fitur ini memungkinkan pemeriksaan keamanan dan pemblokiran perintah melalui USB, mencegah instalasi aplikasi atau kode berbahaya melalui port.

Tidak hanya memblokir instalasi aplikasi, fitur keamanan di ponsel Samsung ini secara otomatis memblokir gambar yang mengandung malware di aplikasi perpesanan.

Jadi, dengan adanya fitur pemblokiran otomatis ini dapat meningkatkan dan menambah keamanan pada perangkat Samsung.

Untuk mengaktifkan fitur ini di One UI 6, pengguna perlu membuka menu Pengaturan > Keamanan & Privasi > Pemblokiran Otomatis > dan menyalakannya.

Sekadar informasi, Samsung menggunakan teknologi McAfee untuk memeriksa aktivitas mencurigakan di aplikasi. Oleh karena itu, pengguna harus menyetujui lisensi dan kebijakan privasi sebelum menggunakan fitur ini.

Dengan fitur keamanan baru dari Samsung ini, pengguna tidak dapat menginstal aplikasi sideload yang tidak sah dan memperbarui perangkat lunak di PC mereka.

You May Also Like

About the Author: melia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *