Perkuat Industri Kreatif, IKJ Kenalkan Dunia Animasi ke Para Pelajar

JAKARTA – Industri kreatif khususnya dunia animasi saat ini sedang berkembang dan dibutuhkan di segala bidang. Akan ada peningkatan kebutuhan akan koordinator yang berkualitas di masa depan.

Anindyo Widito, dekan Sekolah Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Kesenian Jakarta (IKU), mengatakan animasi Indonesia berkembang begitu pesat bukan hanya karena filmnya saja, tapi juga karena bidang-bidang seperti periklanan, musik, politik, masyarakat dan budaya.

“Sangat besar membicarakan betapa besarnya industri animasi sebagai pendongkrak sosio-ekonomi karena saat ini AOA tidak menggunakan animasi. Ini ada hubungannya dengan Generasi Z bahkan Generasi Alpha yang sudah terbiasa dengan digital,” tuturnya.

Baca juga: IKJ dukung desain fesyen ramah lingkungan dan berkelanjutan

Oleh karena itu FSRD IKJ kembali menyelenggarakan acara ANIMAKini untuk mendukung generasi muda yang tertarik pada bidang animasi. Anindyo menjelaskan, IKJ melakukan kampanye tersebut untuk meningkatkan kesadaran di kalangan sekolah di Jabodetabek.

Dikatakannya, IKJ berharap dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat khususnya dunia pendidikan melalui acara ini, sehingga para pelajar khususnya siswa SMA dan SMK dapat belajar membuat animasi yang baik.

“Kami mengajari mereka, khususnya pelajar, cara membuat storyboard, komik, dan animasi lainnya. Kami rasa lebih bermanfaat dan menarik,” imbuhnya.

Baca Juga: 10 Film Animasi Disney yang Belum Dirilis

Tema ANIMAKini 2023 adalah “Reboot Kreativitas”, artinya kemajuan teknologi yang mempengaruhi seni masa kini dan maraknya kemunculan gambar yang dihasilkan melalui kecerdasan buatan dan alat lainnya telah menjadi topik hangat perbincangan di kalangan seniman.

“Reeboting Creativity” merupakan respon terhadap kemajuan teknologi yang mendorong kita untuk menemukan cara inovatif dalam proses kreatif dan mendorong batas-batas tradisional animasi, seni dan desain di era digital.

READ  Catat! Ini Kalender Pendidikan 2023/2024 Untuk Semester Ganjil dan Genap

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *