‘Penanaman Moderasi Beragama bagi Anak TK Sangat Strategis’

Tangerang Selatan – Pengurus Persatuan Wanita Dharma (DWP) Kementerian Agama Annie Retno Utakut menilai praktik perdamaian beragama di Indonesia harus diterapkan sejak dini. Eny Retno berharap melalui pemahaman agama yang moderat sejak dini, bangsa ini akan semakin harmonis, sehingga ketegangan agama dapat dihindari.

“Atas dasar itulah, sangat tepat dan strategis untuk memperkenalkan agama kepada anak-anak di Taman Kanak-Kanak pada acara Konferensi Pendidikan Agama Islam Taman Kanak-Kanak (PAI TK) yang dilaksanakan pada Kamis, 5 Oktober 2023, di Serpong, Tangsel,” kata Eny Retno.

“Anak-anak TK bisa dikatakan masih suci, sehingga lebih mudah untuk saling mengajarkan hal-hal yang baik. Anak-anak bisa tumbuh karakternya karena diajarkan bagaimana berperilaku,” ujarnya.

Annie Retno sangat menantikan acara Gebyar TK PAI Nasional. Selain sebagai sarana penanaman nilai-nilai kebaikan, kegiatan ini meningkatkan kemampuan siswa sejak dini. Dengan membiasakan berkompetisi, secara tidak langsung siswa belajar menghargai orang lain.

“Kami berharap pekerjaan ini bisa ditingkatkan di tahun-tahun mendatang. Kami juga sudah memulai permainan Moderasi Remaja (MB),” ujarnya.

“Ini adalah board game yang dirancang untuk mengedepankan nilai keheningan beragama. Karena menurut kami internalisasi nilai lebih efektif jika dilakukan melalui permainan,” lanjut Eny sambil mengajak beberapa anak TK untuk naik ke atas panggung. . bernyanyi, bertanya dan diakhiri dengan hadiah.

Ali Ramdhani, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, mengakui anak merupakan kelompok yang tepat untuk belajar dan mengamalkan kehidupan beragama. Ali Ramdhani: “Perdamaian beragama sudah sepantasnya digunakan sejak muda, karena itu untuk mencintai Indonesia dengan bahagia.”

Direktur PAI Kementerian Agama RI Amrullah mengumumkan tema Festival PAI 2023 adalah ‘Sedang Sejak Dini’. Dari topik tersebut, perlunya peningkatan toleransi beragama sejak kecil akan menjadi perhatian masyarakat. Keberagaman kehidupan di Indonesia memerlukan landasan yang kokoh agar tidak mudah dirusak oleh sebagian pihak.

READ  5 Fakta yang Jarang Diketahui tentang Konflik Panjang Palestina dan Israel

“Usia anak TK juga tepat, karena membangun karakter dan nilai-nilai inti melalui lembaga pendidikan ibarat sebuah kecepatan awal,” kata Amrullah.

Amrullah menjelaskan, pada Gebyar TK PAI tahun ini, terdapat dua kategori yang dipertandingkan yaitu guru dan siswa. Ada dua cabang yang bersaing pada kategori Guru, yaitu Inovasi Pembelajaran PAI di TK dan Menciptakan Lagu Moderasi Beragama (Versi Anak). Sedangkan untuk kategori Pelajar terdapat dua cabang yang dipertandingkan yaitu Junior Dai (Putra/Putri) dan Hafalan Surat Pendek (Putra/Putri).

Baca artikel kajian menarik lainnya di tautan ini. Memahami Pentingnya Pengetahuan Trading di Era Keuangan Digital Kurangnya pemahaman tentang dasar-dasar trading seringkali menjadi batu sandungan yang dapat menimbulkan risiko finansial yang lebih besar. VIVA.co.id 12 Desember 2023

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *