Mengapa Kita Menangis? Ini Fakta Menarik Air Mata: Ternyata Jenisnya Beda-Beda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kenapa kita menangis, air mata terkadang keluar padahal tidak sedih. Apa sebenarnya manfaat air mata?

Pakar medis Dr. Michael Roizen mengungkapkan, air mata memiliki banyak manfaat. Selain membantu penglihatan dan membersihkan mata, air mata juga berperan sebagai cara mengkomunikasikan emosi.

Tahukah Anda bahwa tidak semua air mata terbuat dari bahan yang sama? Beberapa orang mungkin menangis lebih sering daripada yang lain, tetapi itu normal, menangis adalah hal yang normal. Dr. Roizen menjelaskan fakta mengejutkan tentang cairan yang memenuhi mata kita setiap hari.

Mengapa kita menangis?

Kami menangis karena alasan yang berbeda. Emosi seperti kesedihan, kemarahan, dan kebahagiaan bisa membuat kita menangis. Menangis karena alasan emosional dapat membuat kita merasa lebih baik, melepaskan ketegangan, dan memberikan penyembuhan psikologis, kata Dr. kata Roizen. Namun penyebab fisik seperti kotoran atau sakit mata juga bisa menyebabkan air mata.

“Menangis juga terjadi karena alasan fisik untuk menghilangkan racun yang berhubungan dengan nutrisi dan stres. Kami menangis karena alasan sosial, kesetiaan, rasa ingin tahu, kebencian – tergantung situasinya,” kata Dr. Roisen, kata Cleveland Clinic. Kamis (14/12/ 2023).

Cairan air mata mengandung beragam zat, seperti air pelembab, minyak pelumas, bahkan lendir, antibodi, dan protein yang melawan infeksi. Air mata juga mengandung oksigen dan nutrisi yang dialirkan ke sel-sel di permukaan mata karena mata tidak memiliki pembuluh darah.

Anak

1. Air mata basal: Ini adalah air mata utama yang melindungi mata dari minyak, lendir, air dan garam. Air mata ini membantu melawan infeksi, mempertajam indera penglihatan, dan menjaga kelembapan mata.

2. Amarah dan air mata : Muncul saat mata teriritasi, misalnya saat memetik bawang atau terjatuh ke dalam debu. Air mata ini membersihkan mata dari kemarahan.

READ  Kebiasaan Kecil yang Tanpa Disadari Ganggu Kualitas Tidur, Sebaiknya Hindari

3. Mental atau emosional anak: Respon terhadap emosi yang kuat seperti kesedihan, kebahagiaan, atau kemarahan. Air mata ini memiliki komposisi kimia yang sama dengan air mata basal, namun mengandung lebih banyak hormon stres dan pereda nyeri alami.

Menurut American Academy of Ophthalmology, air mata emosional disebabkan oleh berbagai kondisi emosional dan dapat mengirimkan pesan kimiawi kepada orang lain. Menangis juga bisa memberikan dampak positif, seperti perasaan lega setelahnya, apalagi jika dibarengi dengan dukungan sosial.

Meskipun menangis adalah respons yang normal, menangis terlalu banyak atau terlalu sedikit juga dapat mengindikasikan kesehatan mata yang buruk. Jika Anda mengalami iritasi, bengkak, atau menangis terus-menerus tanpa alasan, segera dapatkan bantuan medis untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *