Gumpalan Darah Besar Saat Haid Bahaya Enggak Sih? Ini Kata Dokter Obgyn

Suara.com – Banyak wanita yang meremehkan pembekuan darah saat menstruasi. Padahal kata dokter kandungan, ini adalah tanda bahaya dan tidak boleh diabaikan.

Dokter spesialis kebidanan atau obstetri-ginekologi (kebidanan) dr. Budiman Japar, SpoG menjelaskan, penggumpalan darah saat menstruasi seperti hati ayam, menandakan pendarahan yang berlebihan dan tidak boleh dibiarkan begitu saja.

“Darah yang keluar tidak boleh menggumpal karena darah haid kita mengandung antikoagulan dan tidak boleh menggumpal,” kata dr. Pada Senin (20/11/2023), Suara.com mengutip Budiman yang mengunggah konten edukasi di akun Instagram pribadinya.

Dokter yang berpraktek di Klinik Sentral BJ Medical Center ini mengatakan, biasanya kalau pendarahannya banyak, dia tidak bisa minum obat antikoagulan, sehingga darah yang keluar seperti liver, yakni tinja. darah.

“Jika ini terjadi, Anda harus menemui dokter,” kata Dr. Budiman. Foto Haid Tidak Teratur (Pexel/Andrea Piacquadio).

Sementara menurut Mayo Clinic, Dr. Tatnai Burnet menjelaskan, penggumpalan darah kecil yang terjadi saat menstruasi tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, jumlah dan frekuensi perdarahan menstruasi berbeda-beda dari bulan ke bulan dan berbeda-beda pada setiap orang.

Sementara itu, Tatnay menyarankan untuk berkonsultasi ke dokter, yakni jika gumpalan darah saat menstruasi biasanya lebih besar dari buah anggur.

“Gumpalan darah yang banyak bisa menjadi bagian dari menstruasi yang berat, yang bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang serius. Jika menstruasi Anda lebih banyak dari biasanya, itu mungkin berarti Anda perlu mengganti pembalut atau tampon setiap jam,” jelas Tatnai.

Kalau ke dokter biasanya dilakukan USG atau USG, kata Tatnai. Ini biasanya berarti dokter meresepkan obat hormonal untuk mengontrol jumlah pendarahan.

Namun menurut Medical News Today, gumpalan darah dalam jumlah besar bisa menyebabkan nyeri haid. Namun pembekuan darah juga merupakan bagian alami dari sistem pertahanan tubuh.

READ  Lagi Ngetren, Fermentasi Madu dan Bawang Putih untuk Redakan Flu

Tujuannya untuk mengentalkan bekuan darah haid seperti agar-agar dan mencegah pendarahan berlebihan. Biasanya hanya terjadi pada 2 hari pertama menstruasi.

Bintik-bintiknya terang atau gelap, berwarna merah tua. Tapi node besar tampak hitam. Darah haid yang berwarna gelap di akhir haid menandakan bahwa darah perlu waktu lama untuk keluar dari tubuh.

You May Also Like

About the Author: Dea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *