1 dari 3 Remaja di Indonesia Alami Masalah Kesehatan Mental, Psikolog Ungkap Terapi Warna Bisa Bantu Mengatasinya

Suara.com – Kesehatan mental remaja saat ini menjadi hal yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak. Pasalnya, psikolog Chitra Ananda Mulia M. Psi mengatakan 1 dari 3 remaja Indonesia mengalami gangguan kesehatan mental.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh banyak hal, antara lain ekonomi, kesepian, trauma masa lalu, tekanan teman sebaya, dan perundungan yang biasa dialami remaja.

Persyaratan tersebut diperkuat dengan Laporan Pendidikan Tahun 2022 yang disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim. Dimana dijelaskan bahwa 25% pelajar di Indonesia pernah mengalami berbagai bentuk perundungan.

“Kalau melihat datanya, Indonesia kini malah memasuki keadaan darurat ofensif,” kata Chitra dalam acara Avian Brands, Selasa (10/10/2023) di kawasan Bintaro, Tangerang.

Chitra menjelaskan, banyak pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan mental, khususnya pada remaja. Selain psikoterapi dengan teknik bicara, terapi warna juga bisa menjadi pilihan.

“Warna-warna tertentu bisa membantu meningkatkan kesehatan mental. Misalnya, warna-warna lembut seperti biru muda atau hijau muda bisa menghilangkan stres. Sedangkan jika sedang merasa tertekan, Anda bisa menggunakan warna-warna cerah seperti merah atau suguhan warna oranye agar kembali bersemangat,” jelas Chitra.

Hal ini didukung oleh penjelasan Ada Binarko, pendiri SehatMental.id, sebuah komunitas yang didirikan atas kepedulian terhadap kesehatan mental generasi muda. Ia menekankan manfaat warna dalam proses pencegahan dan pengobatan penyakit jiwa.

“Dari pengalaman pribadi, maupun dari kesaksian anggota komunitas kami, terlihat jelas bahwa warna-warna tertentu sangat membantu meningkatkan mood dan menghilangkan stres. Hal ini tentunya menjadi faktor yang mempercepat proses penyembuhan bagi penderita gangguan jiwa.” dia berkata.

Untuk menjadi bagian dalam memecahkan dan mengubah masalah ini, Avian Brands sebagai produsen lokal gerakan cat tembok “Avian Brand mendukung kesehatan mental dengan warna-warna penyembuhan” melalui produk-produk premium dengan warna-warna yang menurut penelitian dapat memberikan rasa kelezatan. ketenangan bagi para pejuang kesehatan mental.

READ  Waspada Vertigo Mendadak yang Berpotensi Gejala Stroke, Ini Saran Dokter

Meli Yanti, Manajer Pemasaran, menjelaskan bahwa warna dinding ini memberikan efek yang “baik” sehingga bermanfaat bagi penggunanya, terutama mereka yang berjuang dengan masalah kesehatan mental. Warna-warna ini dapat digunakan di rumah mana pun untuk memberikan efek terapeutik.

“Bird brand mendukung kesehatan mental dengan warna penyembuhan” akan menjadi kegiatan berkelanjutan yang akan terus meningkatkan kesadaran di antara para pihak. “Permasalahan kesehatan jiwa bukanlah permasalahan yang mudah untuk dianggap enteng dan harus segera diatasi bersama untuk mewujudkan generasi muda Indonesia yang sehat,” ujarnya.

You May Also Like

About the Author: melia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *