Tiga Dosen Hubungan Internasional FISIP UPNVJ Diseminasikan Penelitian di Universitas Waseda Jepang

Tokyo – Tiga dosen Program Studi Hubungan Internasional FISIP UPNVJ Jakarta telah mendiseminasikan penelitiannya di Waseda University Tokyo, Jepang. Dalam penelitian ini, tiga instruktur UPNVJ berkolaborasi dengan Profesor Meiji Ken, seorang Indonesia yang fokus pada kajian Islam dan politik di kawasan Asia Tenggara.

Ketiga pengajar FISIP UPNVJ tersebut adalah Dr. Musa Maliki adalah penyidik ​​utama dan menyandang gelar M.A. Terima kasih kepada Jetty Setrio. dan Dini Putri Saraswati, M.A. Kajian mereka bertajuk “Melacak Perkembangan Cendekiawan Muslim Indonesia Menuju Wacana Barat Pasca 9/11.”

Penempatan ini akan berlangsung pada tanggal 30 November 2023 di bawah Program Penelitian Koperasi Internasional UPN “Veteran” Jakarta (RIKIN UPNVJ). Dalam konteks ilmiah, diseminasi adalah proses menyebarkan hasil penelitian, penemuan, atau inovasi kepada masyarakat umum melalui publikasi, presentasi, atau kegiatan lainnya.

“Para pemikir Muslim Indonesia masih belum mampu secara mandiri memimpin agendanya sendiri. Mereka belum mampu menghasilkan pengetahuan tentang isu-isu seperti kesetaraan gender, perubahan iklim, dan kemajuan teknologi,” kata Musa tentang temuannya.

Untuk pemaparan penelitiannya, Prof. Miichi mengatakan penelitian ini memerlukan penguatan definisi konsep-konsep Barat dan menjelaskannya secara lebih rinci. “Kita harus berhati-hati dalam melakukan penelitian agar tidak terjadi generalisasi berlebihan yang dapat melemahkan argumentasi,” ujarnya.

Siswa yang mengikuti diskusi juga menanyakan dan menanggapi berbagai pertanyaan seputar pemaparan peneliti. Mereka adalah mahasiswa pascasarjana yang menghadiri seminar ‘Agama dan Politik di Asia Tenggara’ yang diajar oleh Profesor Kim. Meichi.

Mereka tertarik mempelajari pemikiran Islam Indonesia dalam kaitannya dengan kelompok politik global yang belum diakui di Jepang. Diseminasi penelitian ini menunjukkan komitmen sivitas akademika FISIP UPNVJ dalam mengembangkan penelitian berstandar internasional dan menjalin jaringan kerjasama penelitian dengan peneliti di tingkat global.

READ  Jepang Pimpin Penguatan di Bursa Saham Asia Jelang Pertemuan The Fed

Universitas Wasada berada di peringkat 200 universitas QS terbaik dunia dan menempati peringkat kedua dalam bidang politik dan studi internasional. “Saya kira kerja sama internasional seperti ini sangat tepat dan harus dilanjutkan,” kata Musa.

Profesor Maisie menyambut baik kegiatan diseminasi ini dan mengatakan bahwa para mahasiswa sangat terinspirasi dengan diskusi yang berlangsung. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas semangat para peneliti UPNVJ yang datang jauh-jauh ke Jepang untuk menghasilkan karya yang berkualitas.

You May Also Like

About the Author: melia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *