Tersedia 6 Terjemahan Bahasa Daerah, Ini Cara Unduh Aplikasi Qur’an Kemenag

JAKARTA – Lajnah Pentashihan Musxaf Al-Qur’an (LPMQ) Kementerian Agama telah menginstal enam terjemahan Alquran ke bahasa daerah (TQBD) di aplikasi Alquran Kementerian Agama. Aplikasi ini tersedia dalam versi sistem operasi Android dan iPhone (IOS).

Keenam TQBD tersebut adalah Bahasa Sunda, Bahasa Palembang, Bahasa Jawa Banyumas, Penggunaan Bahasa Banyuwangi, Bahasa Melayu Jambi, dan Mandarin. Yuk lanjutkan membaca artikel selengkapnya di bawah ini.

“Saat ini, pengguna aplikasi Alquran Kemenag versi Android dan versi IOS bisa mengakses delapan pilihan terjemahan Alquran. Kedua terjemahan tersebut dalam bahasa Indonesia, yakni edisi Kementerian Agama tahun 2002. -Tafsir Agama dan edisi terupdate 2019, dengan enam terjemahan Al-Qur’an. – Quran bahasa daerah,” kata Ketua LPMQ Abdul Aziz Sidqi, Rabu (18/10/2023) di Jakarta Timur.

Menurut Aziz, diperkenalkannya TQBD sebagai fitur baru di aplikasi Alquran Kemenag merupakan hasil kerja sama LPMQ dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Konferensi, Kearsipan Keagamaan dan Pengelolaan Organisasi (LKKMO) serta Institut Keagamaan Makassar. Studi dan Institut Pembangunan Nasional.

Lima berkas naskah TQBD berasal dari hasil kajian dan program yang dilakukan LKKMO dan satu berkas naskah berasal dari hasil penelitian Lembaga Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar yaitu Mandar.

“Terjemahan Al-Qur’an dalam bahasa Mandarin ini kami peroleh hasil kerjasama dengan balai penelitian dan pengembangan agama makassar dan lain-lain dari LKKMO. Dan yang menariknya, terjemahan Al-Qur’an dalam bahasa Mandarin ini merupakan satu-satunya terjemahan Al-Qur’an bahasa daerah yang diterbitkan oleh Mujamma Malik Fahd di Arab Saudi,” ujarnya.

Aziz berharap kerja sama ini terus berlanjut bersama instansi Kemenag lainnya, hingga dua puluh mushaf TQBD terbitan LKKMO masuk ke aplikasi Alquran Kemenag.

READ  Efektif dan Mudah, Ini Cara Menyimpan Beras agar Awet Bebas Kutu!

Aziz menilai hal ini penting, sebagai salah satu upaya memberikan ilmu agama yang mudah menjangkau masyarakat dan melestarikan bahasa daerah melalui penerjemahan Alquran.

“Kami ingin memberikan pendidikan agama yang mudah dijangkau masyarakat. Dengan TQBD, kami berharap hanya masyarakat yang menguasai bahasa ibunya saja yang bisa mempelajari Al-Quran. Ini salah satu upaya pemerintah untuk melestarikan bahasa daerah,” kata Aziz.

Bagaimana cara mengunduh

Cara mengaktifkan TQBD di aplikasi Alquran Kemenag mudah saja, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Alquran Kemenag, 2. Pilih menu pengaturan, 3. Pilih menu Terjemahan yang ditampilkan. Pada menu ini terdapat delapan pilihan terjemahan Alquran yang bisa diaktifkan, enam di antaranya TQBD.

Selain dapat diakses melalui aplikasi Android dan IOS Al-Quran Kemenag, TQBD juga dapat diakses melalui website https://quran.kemenag.go.id/ dan aplikasi Al-Quran Kementerian Agama. . di Word untuk komputer pribadi (PC) dan komputer dengan alamat https://lajnah.kemenag.go.id/unduhan.html. Poco berjanji akan menyertakan lebih banyak RAM di seluruh lini produk HP. Diluncurkan untuk memberikan performa ekstrim pada smartphone, Poco akan membekali kapasitas RAM besar yang diyakini dapat meningkatkan performa perangkat. VIVA.co.id 15 Desember 2023

You May Also Like

About the Author: melia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *