IPO, Manggung Polahraya Bidik Dana Segar Rp 83,88 Miliar

Liputan6.com, Jakarta – PT Manggung Polahraya Tbk akan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (EIB) melalui penawaran umum perdana (IPO).

Dalam aksi tersebut, perseroan menerbitkan saham senilai 762,5 juta atau 20% dari jumlah ditempatkan dan disetor setelah IPO dengan harga nominal Rp20 per saham.

Saat peluncuran e-bid, Sabtu (16/12/2023), Manggung Polahraya mematok harga penawaran di kisaran 90-110 per saham. Dengan demikian, perseroan bisa menghimpun dana dari Rp 68,63 miliar menjadi Rp 83,88 miliar dari IPO.

Perseroan juga mengesahkan sebanyak-banyaknya 228,75 juta saham baru Seri I perseroan atau lebih dari 7,50 persen dari jumlah yang ditempatkan dan disetor.

Bonus Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif kepada pemegang saham baru yang tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) pada tanggal atribusi. Setiap pemegang 10 Saham Baru Perseroan berhak menerima waran pesanan ketiga saya.

Dimana setiap 1 saham yang saya jamin memberikan hak kepada pemegangnya untuk memperoleh 1 saham baru dari perusahaan terpilih dalam portofolionya.

Waran seri I merupakan surat berharga yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk memperoleh saham dengan harga nominal Rp20 per saham dan harga pelaksanaan Rp125.

Anda dapat membeli setelah 12 bulan sejak otorisasi sistem saya hingga 24 bulan berikutnya, yaitu mulai 13 Januari 2025 hingga 12 Januari 2027. Total nilai pelaksanaan sistem resmi saya lebih dari Rp 28, 59 miliar. .

Seluruh dana hasil IPO akan digunakan untuk kebutuhan modal kerja perseroan. Diantaranya adalah biaya pokok proses konstruksi, pembangunan infrastruktur jalan, produksi aspal panas, dan produksi ready mix. Juga untuk gaji dan tunjangan.

Sedangkan sumber daya hasil pelaksanaan seluruh hak yang diberikan Tahap I akan digunakan sebagai modal perseroan untuk memenuhi kebutuhan proyek.

READ  Penuhi Target, Himpunan Dana Pasar Modal Capai Rp230,59 T per November 2023

Setelah tercatat di bursa, perseroan berencana membagikan dividen mulai tahun 2026 berdasarkan laba bersih tahun buku 2025 sebanyak-banyaknya 30 persen dari laba bersih, dengan mempertimbangkan keputusan pemegang saham untuk membatasi RUPS. Salah satu pengamatannya adalah jika neraca laba perusahaan baik.

Namun demikian, keputusan mengenai pendapatan dan pembagian dividen akan didasarkan pada persetujuan Direksi perseroan dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang antara lain mencakup laba ditahan, hasil usaha dan keuangan, posisi keuangan, prospek usaha di masa depan (termasuk belanja modal dan akuisisi), kebutuhan modal dan peluang bisnis.

PT Manggung Polahraya Tbk didirikan pada tahun 1992 dan kegiatan usaha pertama meliputi kegiatan konstruksi dan perdagangan. Selanjutnya, hingga prospektus ini diterbitkan, perseroan terus tumbuh dan mengembangkan usaha utamanya di bidang pekerjaan umum, pengembangan infrastruktur jalan, serta perusahaan produksi aspal hot-mix dan produksi siap pakai. Perusahaan memiliki pabrik takaran yang memproduksi campuran siap pakai dengan kadar berbeda.

Perseroan juga memiliki pabrik aspal (Asphalt Mixing Plant/AMP) untuk memproduksi aspal panas yang pasarnya mencakup beberapa kota dan perusahaan di sekitar Bandar Lampung.

PT Manggung Polahraya Tbk Timeline: Masa Penawaran Umum Perdana: 14-18 Desember 2023 Rencana Tanggal Efektif Pernyataan Pendaftaran OJK: 29 Desember 2023 Rencana Masa Penawaran Umum: 3-9 Januari 2024 Rencana Distribusi: 9 Januari 2024, Pembagian Saham tanggal. dan lisensi proses elektronik saya: 10 Januari 2024 Perkiraan tanggal pencatatan untuk sistem terdistribusi serta lisensi dan pertukaran saya: 11 Januari 2024

Sebelumnya diberitakan, Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan banyak perusahaan yang membayar untuk mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Per 8 Desember 2023, terdapat 79 perusahaan yang tercatat di EIB. Dana hasil penawaran umum perdana (IPO) 79 emiten berjumlah Rp 54,14 miliar.

READ  Investor Asing Melanjutkan Aksi Jual Saham, IHSG Tersungkur

CEO Price Company BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, saat ini terdapat 27 perusahaan yang masuk dalam pipeline pencatatan saham BEI. Dari sisi aset, perusahaan menengah masih mendominasi.

“Sejauh ini, ada 27 perusahaan yang masuk dalam daftar equity pipeline BEI,” kata Nyoman kepada wartawan, Sabtu (12/09/2023).

Merujuk POJK Nomor 53/POJK.04/2017, terdapat 10 perusahaan yang memiliki aset melebihi Rp 250 miliar. Jadi, 16 perusahaan memiliki aset rendah antara Rp50 miliar hingga Rp250 miliar, dan satu perusahaan memiliki aset kecil di bawah Rp50 miliar.

Saat ini, rincian sektornya adalah sebagai berikut: 3 perusahaan di sektor barang kebutuhan pokok 6 perusahaan di sektor konsumen siklis 3 perusahaan di sektor konsumen non-siklus 2 perusahaan rumah tangga di sektor energi 1 perusahaan di sektor keuangan 0 perusahaan di bidang kesehatan sektor 5 Perusahaan pada sektor industri 3 Perusahaan pada sektor infrastruktur 0 Perusahaan pada sektor infrastruktur dan konstruksi 3 Perusahaan pada sektor teknologi 1 Perusahaan pada sektor transportasi dan persenjataan.

Sebelumnya diberitakan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan penggalangan dana di pasar modal sekitar Rp 175 triliun hingga Rp 200 triliun pada tahun pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pasar Modal, Instrumen Keuangan, dan Pertukaran Karbon OJK Inarno Djajadi mengatakan pihaknya optimistis menatap tahun depan, namun mengambil posisi transisi.

“Meski optimis, kami tidak fleksibel. Oleh karena itu, kami sangat bergantung pada IMF dan Bank Dunia yang juga sedang melakukan penataan kembali pembangunan ekonomi global di lapangan,” kata Inarno dalam konferensi RDK OJK pada November 2023, Senin (12 /04/2023).

Lebih lanjut, kata dia, pemerintah Indonesia menargetkan pertumbuhan ekonomi nasional sekitar 5,2 persen pada tahun 2024. Angka tersebut berada di bawah tahun ini yaitu 5,3 persen.

READ  Presiden China Xi Jinping Sebut Pemulihan Ekonomi Masih Tahap Kritis

Oleh karena itu, untuk persiapan tahun depan, target kita sama dengan tahun lalu (2023), antara Rp 175 hingga 200 triliun, ”ujarnya.

You May Also Like

About the Author: Dea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *