Perusahaan Startup Makin Menjamur di Indonesia, Tapi SDM untuk Manajer Produk Terbatas

Suara.com – Saat ini pekerjaan yang paling banyak dicari adalah Product Manager. Dengan bermunculannya perusahaan-perusahaan start-up baru di Indonesia, kebutuhan akan manajer produk di pasar semakin meningkat.

Namun ketersediaan talenta atau sumber daya manusia (SDM) manajer produk di Indonesia masih rendah.

“Permintaan untuk peran manajer produk di Indonesia sangat besar, namun pasokannya sedikit, namun peluang pertumbuhannya tinggi,” kata Jessica KC Jaya, pendiri dan CEO Apiary Academy, dalam keterangan pers di Jakarta. Kamis (20/10/2022).

Jessica mengatakan kebutuhan akan manajemen produk paling menonjol di perusahaan teknologi dengan budaya pasar yang independen dan luas serta tidak ada pendekatan terpadu dalam mengembangkan atau menjual produk.

“Perusahaan yang tidak memiliki manajemen produk yang baik dan gagal membaca sinyal pasar akan gagal mencapai kesuksesan pasar,” ujarnya.

Untuk membantu menjembatani kesenjangan tersebut, Apiary Academy, sebuah ekosistem pendukung talenta digital di Indonesia, mengadakan Indonesia Product Summit beberapa waktu lalu di Jakarta.

Oleh karena itu kami ingin mengajak teman-teman seluruhnya untuk bersama-sama turut serta mengembangkan ekosistem produk yang menghasilkan produk-produk unggulan dan berkelas dunia di Indonesia, ujarnya.

Manajemen produk adalah fungsi organisasi dalam perusahaan yang berkaitan dengan pengembangan produk baru, perencanaan, justifikasi bisnis, validasi, penetapan harga, estimasi, pemasaran produk, dan peluncuran produk.

READ  Ini Nih Saham-Saham yang Dapat Berkah Akhir Tahun

You May Also Like

About the Author: Dea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *