Hadiri Wisuda Universitas Terbuka, Moeldoko: Stigma Kurang Baik UT Harus Diluruskan

Tangerang Selatan – Kepala Administrasi Kepresidenan Dr Moeldoko meminta lulusan Universitas Terbuka (UT) menghilangkan stigma UT di mata masyarakat. Hingga saat ini UT masih digambarkan sebagai perguruan tinggi kelas bawah yang tidak berkualitas.

“Ini normal. Kita semua harus menghilangkan stigma buruk ini. Dan kalian semua, jangan minder,” kata Moeldoko saat Wisuda Universitas Terbuka Periode II di Open University Conference Center (UTCC), Pondok Cab, Tangerang Selatan. Dipersembahkan kepada ribuan wisudawan tahun ajaran 2022/2023, Selasa 11 Juli 2023.

Moeldoko sendiri merupakan lulusan program sains Universitas Terbuka milik pemerintah. Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) UT periode 2019-2024.

Menurutnya, lulusan atau lulusan harus mampu menunjukkan kontribusinya dan melakukan perubahan untuk menghilangkan sikap negatif terhadap UT. Yang penting berani mengambil langkah.

Moeldoko pun mencontohkan rumusan kepemimpinan yang ia tulis dalam bukunya M-Leadership, Berani Memimpin. Katanya, “Resepnya adalah tiga M: Bergerak, Memotivasi, Berubah.”

Ia juga mengatakan, hingga saat ini sebagian besar masyarakat belum berani melangkah maju atau mengambil tindakan untuk melakukan sesuatu dan hanya menunggu saja. Padahal, sikap inilah yang dibutuhkan untuk menciptakan inspirasi dan membawa perubahan.

“Mari kita ambil saya sebagai contoh. “Jika saya tidak memutuskan untuk keluar dari kemiskinan, saya tidak akan bisa mencapai posisi saya sekarang,” katanya.

“Jadi jangan pernah takut untuk maju dalam melakukan sesuatu. Ciptakan inspirasi sendiri, lalu lakukan hal lain agar diperhatikan, pungkas Moeldoko.

FYI, Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan wisuda bagi 1.716 wisudawan jenjang diploma, sarjana, dan pascasarjana di berbagai bidang. Bertajuk “Bangkit dan Maju Bersama UT PTN BH”, wisuda tersebut memberikan penghormatan kepada Presiden MPR RI Bambang Sosatyo yang merupakan lulusan BA dari Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP). Menerima gelar kehormatan.

READ  Festival Budaya Taraf Internasional Akan Digelar di Makassar, Tampilkan Kesenian dari 4 Negara

“Kami berharap pemberian Alumni Kehormatan ini dapat menginspirasi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, serta menghilangkan stigma negatif terhadap Universitas,” ujar Rektor Universitas Terbuka, Prof. Oyat Jarot. Ijazah i3L memadukan tradisi, inovasi dan kesuksesan.Ijazah ini tidak hanya melambangkan prestasi akademis, tetapi juga pengalaman praktis yang diperoleh selama program magang dan pertukaran pelajar internasional. VIVA.co.id 15 Desember 2023

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *