Gen Z Lebih Suka Paylater Dibanding Kartu Kredit, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) terus memberikan solusi keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Berdasarkan hasil sensus tahun 2020 yang dilakukan Badan Pusat Statistik, 53,81% penduduk Indonesia merupakan generasi milenial dan generasi Z. Tentunya setiap generasi memiliki karakteristik dan preferensi yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya, bahkan dalam hal produk keuangan. . .

Dalam penelitian yang dilakukan lembaga penelitian terhadap generasi milenial dan gen z, e-wallet merupakan salah satu produk keuangan yang banyak diminati.

Head of Insecure Business PT Bank Danamon Indonesia Tbk Tresia Sarumpaet mengatakan hasil tersebut menunjukkan perubahan perilaku transaksi nasabah yang melek digital yang lebih mengutamakan kenyamanan, kecepatan, dan keamanan dalam bertransaksi.

Selain dompet elektronik, produk keuangan yang menarik perhatian kedua generasi ini adalah produk pinjaman atau kredit, khususnya produk yang memberikan pinjaman kepada konsumen, kartu kredit atau pembayar.

“Jika melihat trennya, produk Paylater memiliki penetrasi yang lebih tinggi yaitu mencapai sekitar 14% dari total transaksi milenial dan Gen Z dibandingkan kartu kredit yaitu 7,60%. Hal ini dapat dimaklumi karena penerbitan kartu kredit lebih banyak. ketat saya bayarnya,” kata Tresia di Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023).

Bahkan, Trecia mengungkapkan, kartu kredit bisa lebih bermanfaat dalam mengembangkan situasi keuangan. Misalnya, bunga pinjaman gaji adalah 0,3% per hari. Sedangkan jika menggunakan kartu kredit rata-rata berkisar 0,75% per bulan. Dihitung, bunga yang dihasilkan lebih rendah jika menggunakan kartu kredit.

Selain itu, kartu kredit dan Paylaters merupakan dua produk keuangan yang menawarkan fasilitas kredit kepada konsumen, kata Trecia. Keduanya merupakan produk kredit yang pembayarannya dapat ditransfer atau dicicil.

Namun, Trecia mengatakan ada beberapa perbedaan antara kedua produk keuangan tersebut. Di bawah ini adalah perbedaan antara kartu kredit dan kartu gajian.

READ  Indonesia Selamat dari Tambahan Utang Rp 351 Triliun

Kartu kredit:

+  Biasanya diterbitkan oleh perusahaan besar yang diawasi secara ketat oleh regulator

+ Penggunaannya tidak terbatas pada platform tertentu (open loop)

+ Menawarkan manfaat tambahan seperti cashback, diskon, poin reward, dan banyak lagi

+ Mulai memindai file dan layanan dengan banyak instalasi

+ Bunga kecil

– Proses persetujuan yang ketat

– Ada biaya tahunan

Penerima:

+ Proses persetujuan sederhana dan cepat

+ Beberapa permintaan data

– Membebankan bunga dan biaya yang besar

– Terbatas pada skor kredit beberapa platform (sirkuit tertutup).

Dalam hal pembuatan atau pengajuan kartu kredit, salah satu faktor yang mempengaruhi banyaknya fasilitas yang Anda dapatkan adalah nilai kredit Anda. Skor Kredit merupakan penilaian yang digunakan untuk mengukur kelayakan pemberian fasilitas kredit dan ditentukan berdasarkan kepemilikan dan status pembayaran produk kredit.

“Mempertahankan skor kredit yang baik sangat membantu dalam mempersiapkan masa depan, terutama untuk pertumbuhan keuangan dalam hal pinjaman mobil, rumah, atau modal kerja,” kata Trecia.

Jika Anda belum pernah memiliki kartu kredit sebelumnya, nilai kredit Anda ditentukan oleh pekerjaan dan gaji pelanggan.

“Keduanya mempengaruhi persetujuan suatu permohonan kartu kredit,” tambah Trecia. Survei kemudian dilakukan untuk memeriksa apakah pelanggan yang diminta itu asli.

Selain itu, Trecia mengatakan survei yang dilakukan mereka bermakna sehingga tidak ada kesalahan data. Tidak dapat dipungkiri terkadang seseorang tidak mengetahui bahwa datanya ada pada pihak ketiga. Jika terjadi kebocoran data, data tersebut dapat digunakan untuk mengajukan pinjaman kepada orang lain.

Selain ketiga hal tersebut, hal yang mempengaruhi nilai kredit seseorang juga dipengaruhi oleh tabungan yang dimilikinya di bank.

“Jadi, sebelum Anda memberikan kredit, saya sarankan Anda mencoba untuk memiliki tabungan di bank agar bank tersebut lebih percaya diri dalam memberikan pinjaman,” kata Trecia.

READ  Pengiriman Paket di IKN Bakal Pakai Teknologi Drone

Sedangkan cicilan tidak banyak berpengaruh terhadap nilai kredit Anda.

“Cicil secukupnya boleh-boleh saja asalkan lancar, tapi kalau tidak lancar akan berdampak pada nilai kredit Anda,” kata Trecia. Namun, tambahnya, “cicilan dalam jumlah besar mempengaruhi DBR atau Debt Burden Ratio yang merupakan tanggung jawab seseorang terhadap pendapatan yang dimilikinya.”

Untuk mengelola skor kredit Anda, Trecia membagikan tips berikut: Mulailah berbelanja produk kredit seperti kartu kredit dari organisasi terpercaya. Gunakan kartu kredit dengan bijak sesuai kemampuan Anda. Pastikan pembayaran tagihan kredit dilakukan tepat waktu. Melakukan pengecekan skor pengumpulan secara rutin melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang disediakan OJK.

“Jangan sampai terjadi pada saat Anda membutuhkannya, seperti memenuhi kebutuhan rumah, kendaraan, atau modal kerja, sehingga nilai kredit Anda naik,” ujarnya. Tips menggunakan kartu kredit

Sebaiknya gunakan kartu kredit dengan bijak agar tidak ada kerugian selama menggunakannya. Oleh karena itu, nasabah hendaknya memahami cara menggunakan kartu kredit dengan bijak. Senada dengan itu, Trecia juga memberikan tips dalam menggunakan kartu kredit sebagai berikut: Tips #1: Jangan membuat taruhan lebih besar dari tiang.

Ketahui kemampuan finansial Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda. Prioritaskan kebutuhan dibandingkan KEINGINAN. Tip #2: Periksa riwayat transaksi Anda secara teratur

Pantau pengeluaran Anda secara teratur. Tip #3: Kelola arus kas Anda dengan baik

Banyak kartu kredit yang menawarkan fleksibilitas dalam membayar tagihan, gunakanlah dengan bijak. Tip #4: Pastikan pembayaran tagihan Anda tepat waktu

Hindari terlambat membayar tagihan kartu kredit untuk menjaga reputasi kredit Anda dan menghindari bunga dan biaya.

You May Also Like

About the Author: melia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *