‘Tidak Boleh Ada Pungli Masuk Sekolah Negeri’

Garut – Bupati Garut Rudy Gunawan mengingatkan seluruh sekolah binaan pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, agar tidak ada pungutan liar (pungli) dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tingkat SD dan SMA negeri. .

“PPDB untuk sekolah negeri hingga SMA tidak dipungut biaya. Jika ditemukan adanya pungli, Saber Pungli akan mengambil tindakan tegas untuk melakukan penindakan sesuai aturan hukum yang berlaku,” kata Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Selasa, 13 Juni 2023.

Dikatakannya, Pemkab Garut melalui Dinas Pendidikan terus berupaya memberikan pelayanan optimal dalam pelaksanaan supervisi pelaksanaan PPDB di sekolah dasar dan menengah negeri.

“Iya, pengawasan di Kemendikbud akan kita permudah, kita monitor,” kata Rudy.

Ia mengatakan, Pemkab Garut juga telah menyiapkan Satgas Sapu Iuran Ilegal (Saber Pungli) yang siap memantau dan menindak tegas pihak yang melakukan pungli.

Raja Muda meminta tim Saber Pungli menindak tegas siapa pun, termasuk dewan sekolah, yang melakukan pungli.

“Kami imbau tim Saber Pungli untuk menindak. Mohon, kami juga akan mengerahkan tim Saber Pungli dari Pemkab Garut, untuk memantau dan melakukan pembinaan,” ujarnya.

Ia menambahkan, sekolah biasanya meminta orang tua untuk menyediakan uang yang diperlukan untuk perlengkapan pribadi siswa, seperti seragam sekolah dan lain-lain.

Selain membeli perlengkapan individu untuk anak-anak,” ujarnya.

Keberadaan tim Saber Pungli yang memantau pelaksanaan PPDB disambut baik oleh beberapa warga di Kabupaten Garut karena bisa mencegah praktik pungutan liar saat masuk sekolah negeri.

Salah satunya, Hendi, warga Tarogong Kidul, Garut, berharap pemerintah kabupaten yang membentuk Tim Saber Pungli bisa menindak serius dan tegas terhadap siapapun yang melakukan pungli selama PPDB.

“Kami sebagai warga Garut dan orang tua siswa tentu berharap tidak ada pemerasan, karena merugikan masyarakat,” ujarnya. (Ant) Kaesang Deklarasikan Gerakan Hentikan Pungli pada Sopir Truk di Bekasi Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menghadiri deklarasi gerakan nasional penghentian pungli ilegal di Bekasi, Jawa Barat. VIVA.co.id 21 Desember 2023

READ  Reuni Akbar, 25 November IPB Undang 200 Ribu Alumninya Datang ke Bogor

You May Also Like

About the Author: Dea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *