AISI Buka-bukaan soal Penjualan Motor Listrik di Indonesia

Jakarta, 5 Oktober 2023 – Gabungan Industri Sepeda Motor Indonesia dan seluruh anggotanya sepakat untuk menyelenggarakan Pameran Sepeda Motor Indonesia atau dikenal dengan IMOS Show setiap tahunnya. Acara ini diharapkan dapat memberikan dorongan untuk terus menggairahkan pertumbuhan industri sepeda motor Indonesia.

Presiden AISI Johannes Loman mengatakan industri sepeda motor Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan tahun ini dibandingkan tahun lalu.

VIVA Otomotif mengutip pernyataannya baru-baru ini di Jakarta Selatan: “Industri sepeda motor di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dibandingkan tahun 2022, dengan tingkat pertumbuhan sekitar 36%, dengan penjualan mencapai 4,2 juta unit pada Agustus 2023.”

Lohman mengatakan pertumbuhan ini didorong oleh berbagai faktor, antara lain pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif stabil dan baik, inflasi yang terkendali, harga komoditas yang relatif stabil, dan dukungan yang lebih hati-hati dari lembaga keuangan.

IMOS+ 2023 akan diselenggarakan di ICE BSD Tangerang pada tanggal 25 hingga 29 Oktober, dimana AISI akan menampilkan berbagai produk dan teknologi terkini dari industri sepeda motor tanah air.

Acara ini juga menjadi ajang untuk mempromosikan sepeda motor listrik sebagai solusi transportasi ramah lingkungan.

Meski industri sepeda motor Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan, namun penjualan sepeda motor listrik masih tergolong kecil, kata Sekretaris Jenderal AISI Hari Budianto. Pada Agustus 2023, hanya 35.000 sepeda motor listrik yang akan terjual ke konsumen, atau setara dengan 1% dari total penjualan sepeda motor.

“Volume penjualan sepeda motor listrik setiap bulannya sekitar 5.000 unit, dan total volume penjualan sepeda motor biasa melebihi 500.000 unit,” ujarnya.

Meski demikian, Hari mengungkapkan tren kuda besi bebas emisi di Indonesia terus meningkat dalam jumlah yang cukup besar.

READ  Kocak, Pria Situbondo Bawa 4 Sapi Pakai Innova

“Penjualannya sekitar 9.000 unit pada tahun 2021, dan meningkat menjadi 17.000 unit pada tahun 2022. Pada tahun 2023, jumlah sepeda motor listrik akan mencapai 35.000 unit pada akhir Agustus,” ujarnya.

Oleh karena itu, AISI optimistis penjualan sepeda motor listrik akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang. Anak buah Luhut ini mengungkap alasan minat pasar terhadap sepeda motor listrik masih lesu. Penjualan sepeda motor listrik di Indonesia belum mencapai target 200.000 sepeda motor listrik, kata Kementerian Koordinator Kelautan dan Perikanan VIVA.co.id, 15 Desember 2023 hari

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *