5 Contoh Cerita Fabel Singkat untuk Anak, Penuh dengan Pesan Moral

JAKARTA – Saat masih kecil pasti pernah mendengar dongeng, Rusa Tikus, Tiga Babi, Monyet Serakah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Cerita adalah cerita tentang kehidupan binatang yang bertingkah laku dan hidup seperti manusia, sehingga cerita ini termasuk dalam dongeng.

Meski tergolong fiksi, fiksi bukanlah sebuah buku tertulis yang tidak mempunyai tujuan tertentu. Fiksi ini merupakan representasi kehidupan manusia berdasarkan imajinasi pengarangnya, untuk menemukan perilaku, proses berpikir, tindakan yang setara dengan manusia. Oleh karena itu, dongeng juga mengandung pesan moral yang bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Baca juga: Klausa Umum dan Mandiri dalam Cerpen dan Contohnya

Berikut 8 contoh mitos yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

5 Contoh Mitologi 1. Gajah Asli

Sore itu hutan sangat panas. Dimana Kancicil, Gajah dan hewan lainnya hidup seperti api. Rusa itu haus sambil mencari air.

Saat dia berjalan, dia melihat sebuah danau yang jernih. Tanpa pikir panjang, dia langsung melompat ke dalam danau. Tingkah Kancil ceroboh, ia tidak memikirkan bagaimana caranya ia bisa bangkit. Berkali-kali Kancicil mencoba mendaki, namun ia tidak dapat mencapai puncak. Seekor rusa tidak bisa berbuat apa-apa. Dia berteriak minta tolong.

Seekor gajah yang lewat mendengar kicauan rusa. “Hei, siapa yang ada di kolam?”

“Aku… Kancil, sahabatmu.”

Kancil terdiam beberapa saat, mencari alasan Gajah membantunya, “Bantu aku memberi makan ikan ini.”

“Benarkah kamu mendapat ikan?”

“Tentu saja! Aku menangkap ikan besar!”

READ  Bukan Aib, Kemendikbud Tekankan Difabel Harus Terima Pendidikan yang Sama

You May Also Like

About the Author: Dea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *