3 Resep Sate Taichan, Ide Masakan untuk Kumpul Keluarga Sambut Liburan Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta – Sate Taichan merupakan salah satu jenis sate yang berbahan dasar ayam. Sate versi ini tidak menggunakan kecap kacang atau kecap, melainkan biasanya disajikan dengan sambal merah.

Meski umumnya lebih sederhana dari sate, namun sajian ini tak kalah nikmat dan cocok untuk kumpul keluarga, terutama saat perayaan akhir tahun. Resep membuat sate taichan sangat singkat dan bahan-bahannya mudah ditemukan. Berikut tiga resep sate Taichan praktis yang bisa Anda coba di rumah, dirangkum dari Cookpad, Kamis 2023. 14 Desember Sate Taichan

Resep ini, dibuat oleh pengguna @ALDaoctavia20, membutuhkan bahan-bahan berikut:

700 gram ayam fillet, potong dadu

1 jeruk nipis

2 sendok teh bubuk bawang putih

1/2 sdt ketumbar bubuk

Garam secukupnya

Sedikit merica bubuk

Satu sendok sudah cukup

Minyak secukupnya untuk menutupi sambal

15 cabai rawit

5 cabai merah keriting

1 siung bawang putih

3 umbi bawang merah

1 sendok teh terasi, opsional

1 jeruk nipis

Garam secukupnya

Gula pasir secukupnya Cara Membuat Sate Taichan  Campur semua bahan sate dalam wadah. Setelah itu aduk rata, marinasi selama satu jam dan simpan di lemari es. Setelah 1 jam, panggang ayam dengan tusuk sate. Goreng dalam minyak hingga matang, bakar atau grill. Setelah matang, keluarkan satenya. Lalu masak sambalnya. Masak semua bahan kecuali udang rebon hingga sambal empuk. Kemudian ambil dan tuangkan. Setelah itu bersihkan sambalnya dan tambahkan sambal rebon. Terakhir masak sambal dengan sedikit minyak goreng, tambahkan garam dan gula sesuai selera. Masak dengan api kecil hingga harum, lalu tambahkan 3/4 gelas air dan masak hingga air menyusut. Kemudian matikan kompor dan masukkan sambal bersama jeruk nipis. Sate taichan siap dihidangkan dengan sambal.

READ  Tepis Isu Cerai dengan Teuku Ryan, Ria Ricis Belanja Bareng Mertua

Resep yang dibuat oleh pengguna @diannuraeni729 ini membutuhkan bahan-bahan berikut:

250 gram bahan marinasi paha ayam fillet

2 sendok makan mentega

3 siung bawang putih, haluskan

Garam secukupnya

Gula untuk dicicip

Rasa Lada Bubuk Kekuatan Matah Sambal

Cabe rawit secukupnya

Cabai merah secukupnya

Untuk mencicipi serai, cincang halus dan buang batang mudanya

Tambahkan daun jeruk cincang halus secukupnya

25 bawang merah

3 siung bawang putih

Karena rasa tomat

Garam secukupnya

Gula untuk dicicip

Cara Membuat Sate Mentega Panas Sate Taichan Sambal Matah Potong ayam kecil-kecil sesuai selera lalu tusuk di tusuk sate. Masukkan semua bahan marinasi ke dalam mangkuk dan masukkan ayam. Diamkan minimal 1 jam agar bumbu tercampur. Haluskan semua bahan sambal matematika lalu masukkan ke dalam minyak panas, cicipi. Haluskan sate dan tunggu hingga matang. Lalu taburi dengan air jeruk nipis. Sate taichan siap disajikan dengan sambal matematika.

Resep yang dibuat oleh @akuanakkos ini membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

1 1/2 potong dada ayam

2 sendok makan bubuk bawang putih

2 sendok teh merica bubuk

1 jeruk nipis

Garam untuk bahan Sambal Taichan

10 buah cabai rawit

3 siung

1 sendok makan cuka, opsional

Garam secukupnya

Secukupnya Cara Membuat Sate Taichan Mini Potong ayam kotak-kotak lalu marinasi dengan bawang putih bubuk, merica bubuk, garam dan 1 gelas air jeruk nipis. Aduk hingga tercampur dan biarkan selama 30 menit hingga larut sempurna. Tempatkan ayam yang sudah direndam di tusuk sate untuk jumlah daging yang diinginkan. Karena sate taichan dibuat dalam ukuran kecil, maka cukup 3 potong daging. Lalu masak di wajan anti lengket hingga ayam matang dan berubah warna. Untuk membuat saus sambal, masak bawang putih dan paprika. Setelah mendidih, tumbuk hingga lembut. Lalu lelehkan sedikit minyak ke dalam sambal dan tunggu hingga tercium wangi. Kemudian tambahkan air, cuka, garam dan penyedap rasa. Diamkan beberapa menit hingga sambal matang dan menyesuaikan selera. Sate taichan mini siap dihidangkan dengan sambal.

READ  3 Resep Camilan Manis dan Gurih untuk Nikmati Libur Tahun Baru

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *