PLN Gandeng Perusahaan Mesir Kembangkan Proyek Smart Meter

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI – Pada COP28 Dubai, PT PLN (Persero) kembali menemukan mitra kerja sama untuk mendukung upaya transisi energi Indonesia. PLN telah sepakat dengan Elsewedi Electric, perusahaan energi Mesir, untuk mengembangkan teknologi smart grid yang dapat mengintegrasikan sistem energi, menghubungkan sumber energi baru terbarukan (EBT) ke pusat pengisian listrik dan menjadi solusi intermiten untuk pembangkit listrik EBT, seperti angin dan surya. . .

Selain itu, di sisi hilir, kolaborasi ini mempercepat penerapan teknologi smart meter untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Kerja sama kedua perusahaan ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di sela-sela Konferensi Perubahan Iklim PBB sebagai COP28 di Dubai baru-baru ini.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan salah satu strategi percepatan pertumbuhan kapasitas terpasang EBT di Indonesia memerlukan jaringan transmisi yang kuat dan fleksibel. Melalui pengembangan proyek smart meter, dari sisi instalasi dan integrasi, EBT PLN dapat meningkatkan konsumsi listrik, terutama yang mengalami gangguan. Di masa depan, smart meter akan menjadi kunci untuk meningkatkan pengalaman pelanggan di era energi ramah lingkungan.

“Kami membangun kerja sama investasi dengan tujuan memanfaatkan sumber daya EBT Indonesia yang melimpah. Tidak ada transfer energi tanpa transmisi. Dengan transmisi yang kuat, kami dapat menyediakan energi ramah lingkungan yang terjangkau bagi masyarakat,” kata Darmawan. Pernyataan ditulis, Selasa (5/12/2023).

Darmawan juga tidak menampik, kerja sama dengan Elsewedi membuka peluang perluasan bisnis PLN hingga mendunia. Pasalnya, selain mengembangkan proyek smart meter, keduanya juga membuka ruang kerja sama proyek energi baru terbarukan di Indonesia, Mesir, dan benua Afrika.

Darmawan mengatakan: “Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin. Diharapkan melalui kerja sama ini kita semua dapat mempercepat transfer energi dan memberikan manfaat bagi kedua perusahaan dalam ekspansi bisnis.”

READ  Komitmen Allianz Menjadi Payung Besar Melindungi Masa Depan

Ahmed Sadek Elsewedi, CEO Elsewedi Electric, mengatakan kerja sama dengan PLN merupakan dukungan kuat perusahaan kepada negara-negara di dunia untuk transisi energi berkelanjutan.

“Melalui kemitraan strategis dengan PLN, kami mendukung Indonesia dalam membangun jaringan listrik pintar, sekaligus mempercepat akses listrik ramah lingkungan, dan mengurangi dampak perubahan iklim,” kata Ahmed.

Elsewedi Electric adalah perusahaan global yang telah berkembang dari produsen produk listrik lokal menjadi penyedia solusi infrastruktur terintegrasi. Menurut Fortune Global 500 tahun 2023, Elsewhere tercatat sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia yakni peringkat ke-69.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *