Batas Minimal Usia Pembalap Moto3 Jadi 17 Tahun

PARIS – Badan pengatur motorsport dunia, FIM, mengumumkan batasan usia baru bagi pebalap kelas Moto3 untuk musim 2024.

Berdasarkan keterangan resmi, pada Rabu 20 Desember 2023, batasan usia yang sebelumnya ditetapkan 18 tahun, kini diubah menjadi usia minimal 17 tahun bagi pebalap yang finis di posisi tiga besar FIM JuniorGP Championship dan Red Bull Rookies. Cangkir. meja

Hal ini diharapkan dapat memperlancar karir para pebalap muda dan berpengalaman agar bisa melangkah ke kompetisi yang lebih tinggi pada musim depan.

Pada kategori Moto2, ada pengecualian bagi pemenang Kejuaraan Dunia Moto2 Eropa untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Moto2 meskipun ia belum mencapai usia minimal 18 tahun. Pemenangnya dapat mengikuti Kejuaraan Dunia dengan usia minimal 17 tahun.

Pada tahun 2022, pengecualian juga diberikan kepada pebalap yang mengikuti kejuaraan dunia Moto3 dan Moto2 musim sebelumnya pada usia 16 atau 17 tahun, sehingga memungkinkan mereka untuk terus berkompetisi di musim berikutnya.

“Hal ini telah diperluas kepada para pembalap yang berkompetisi di kelas 2023, yang dapat terus berkompetisi pada tahun 2024,” kata FIM.

Di sisi lain, Komite Grand Prix yang terdiri dari pejabat Dorna, FIM, IRTA dan MSMA juga baru saja menyetujui peraturan baru mengenai spesifikasi bahan bakar dan pelumas untuk semua kelas balapan, khususnya MotoGP, Moto2, dan Moto3 musim depan.

Peraturan tahun 2024 mewajibkan penggunaan bahan bakar dari sumber non-fosil minimal 40 persen dan secara bertahap akan ditingkatkan menjadi 100 persen bahan bakar dari sumber non-fosil mulai tahun 2027.

Spesifikasi bahan bakar terperinci dan parameter pengujian untuk tahun 2024 telah disetujui oleh FIM, IRTA, Dorna, laboratorium pengujian resmi, dan MSMA, termasuk masukan dari pemasok bahan bakar.

READ  Pesan Perdamaian Timnas Iran Lewat Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

“Spesifikasi rinci dan parameter pengujian akan dimasukkan dalam peraturan baru,” kata FIM.

Sementara itu, para pebalap MotoGP yang mendaftar musim mendatang telah menjalani tes motor perdananya di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, beberapa waktu lalu. Seri selanjutnya akan dilanjutkan dengan libur musim dingin sebelum akhirnya melalui sesi tes kedua di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada 6-8 Februari.

Kelas MotoGP, Moto2, dan Moto3 musim depan akan dibuka dengan putaran pertama di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada 8-11 Maret. Pertamina Enduro Siap Berlaga di MotoGP, Berikut Profil Tim Balapnya, Pada Oktober Tahun Ini Pertamina Lubricants Mengumumkan Kerjasama Dengan Tim VR46 MotoGP, Sebagai Sponsor Utama Tim Selama Tiga Musim Kolaborasi ini akan dimulai di VIVA.co.id pada 29 Desember 2023

You May Also Like

About the Author: Dea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *