Jadi Licin, Gedung Seberat 220 Ton Dipindahkan Pakai Sabun Batangan Ini Bikin Takjub

Liputan6.com, untuk mendapatkan tata ruang Jakarta yang diinginkan, bangunan-bangunan tua akan dibongkar jika diperlukan. Jika ingin cara lain, ada teknik khusus untuk memindahkan bangunan, seperti memindahkannya menggunakan alat berat. Namun siapa sangka sebuah bangunan yang sangat berat bisa dipindahkan dengan bantuan sebatang sabun.

Sebuah bekas hotel bersejarah di Nova Scotia yang hampir menghadapi nasib pembongkaran telah menerima penyelamatan yang unik. Rumah besar Elmwood, sekarang Hotel Elmwood Victoria, berhasil dievakuasi pada tahun 1896 menggunakan 700 batang sabun.

Meski teorinya sepele, namun cara memindahkan bangunan besar ini merupakan solusi inovatif dalam dunia konstruksi. Teknisi bertanggung jawab atas sabun lembut. Mereka menggantikan peran roda yang lebih modern untuk memindahkan Elmwood Victoria Hotel.

Seperti dilansir Liputan6.com dari UPI, Rabu (13/12/2023/2018), bangunan yang semula dibangun pada tahun 1826 ini rencananya akan dibongkar, namun pemilik perusahaan konstruksi berencana tetap melestarikan hotel tersebut. pada abad ke-19.

Galaxy Properties telah mengakuisisi properti Elmwood Victoria Hotel dan berencana memindahkan gedung tersebut ke lokasi baru. Prosesnya juga mencakup penyambungan ke gedung apartemen yang direncanakan.

Tantangan terbesarnya adalah membuat ukuran kayu elm menjadi 220 ton. Tim dari S Rushton Construction secara kreatif memutuskan untuk tidak menggunakan gulungan tradisional, melainkan mengambil pendekatan yang lebih tidak konvensional dengan menggunakan 700 batang sabun merek American Ivory.

Video time-lapse yang dibagikan di Facebook memperlihatkan gerakan geser bangunan yang ditarik oleh dua ekskavator dan satu truk derek.

Sheldon Rushton, pemilik perusahaan konstruksi, menjelaskan keputusan menggunakan sabun ivory dibandingkan sabun gulung karena kelembutan sabunnya. Kayu elm itu ditarik sejauh 30 kaki secara merata di atas rangka baja.

Rushton menekankan bahwa ini bukanlah akhir bagi Elmwood. Setelah fondasi baru selesai dibangun, rencananya gedung tersebut akan dipindahkan lagi, menggarisbawahi komitmen untuk melestarikan bangunan bersejarah ini dan menempatkannya di tempat yang tepat untuk masa depan.

READ  Tes Kepribadian: Cari Tahu Apakah Kamu Bisa Mewujudkan Mimpi Jadi Kenyataan

Inovasi penggunaan sabun sebagai elemen penggerak pada bangunan bergerak tidak hanya mengesankan dari segi teknologi, tetapi juga mencerminkan upaya yang sungguh-sungguh dalam melestarikan peninggalan sejarah.

Keberhasilan penebangan kayu elmwood menggunakan metode yang tidak biasa ini menambah babak baru dalam buku sejarah arsitektur Nova Scotia dan menegaskan bahwa kreativitas adalah kunci untuk mengatasi tantangan arsitektur yang kompleks.

You May Also Like

About the Author: Dea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *