Putri Handayani, Pendaki Perempuan Indonesia Pertama yang Tatap Gelar The Explorer’s Grand Slam

JAKARTA – Pendaki asal Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Putri Handayani akan berangkat ke Antartika untuk mendaki Gunung Vinson dan menjelajahi Kutub Selatan, Desember 2023. Ia menargetkan menjadi wanita Indonesia pertama – sekaligus di ASEAN – yang meraih gelar Grand Slam oleh The Penjelajah.

Meraih gelar Grand Slam of The Explorer bukanlah perkara mudah, pasalnya Putri Handayani harus menyelesaikan pendakian tujuh gunung tertinggi di tujuh benua serta menjelajahi Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Jika berhasil mendaki Gunung Vince hingga 4.892 meter di atas permukaan laut dan menjelajahi Kutub Selatan, Putri Handayani akan meraih rekor luar biasa. Sebab, ia akan menjadi wanita Indonesia dan ASEAN pertama yang meraih gelar The Explorer Grand Slam.

Sejauh ini, sudah ada 11 pendaki asal Indonesia yang berhasil mencapai puncak Gunung Vinson. Namun jika berhasil menyelesaikan penjelajahan Kutub Selatan, ia akan menjadi orang Indonesia pertama dan wanita pertama yang menyelesaikan The Explorer’s Grand Slam.

“Akan ada dua ekspedisi ke Gunung Vinson, gunung tertinggi di benua Antartika dan titik paling selatan dunia yakni Kutub Selatan. Setahu saya, ada 11 pendaki Indonesia yang berhasil mencapai puncak Gunung Vinson. .. kalau (mereka selidiki) yang di Kutub Selatan itu bukan orang Indonesia, maka Insya Allah kalau fisiknya kuat dia bisa sampai di sana dan menceritakan kepada teman-temannya dan anak-anaknya di Indonesia, kata Putri Handayani kepada wartawan di Jakarta, Kamis ( 30/11/2023).

Putri Handayani meyakini tidak ada yang mustahil bagi perempuan Indonesia. Menurutnya, rasa percaya diri dan kemampuan akan membuat seluruh perempuan Indonesia bisa melakukan hal tersebut.

“Tidak ada yang mustahil bagi perempuan Indonesia. Jika yakin mempunyai kemampuan dan tekad, maka perempuan bisa berkarya, berpetualang dan mengabdi di segala bidang. Dan itu memerlukan semangat dan konsistensi yang tinggi dari setiap individu,” lanjutnya. .

READ  Penyakit yang Sering Menyerang Pendaki Ketika Naik Gunung

Sebelum mendaki Gunung Vinson, Putri Handayani mendaki lima gunung tertinggi di dunia. Ini termasuk Gunung Kilimanjaro (tertinggi di benua Afrika), Piramida Carstensz (tertinggi di benua Australia dan Oseania), Elbrus (tertinggi di benua Eropa), Aconcagua (tertinggi di benua Amerika Selatan) dan Denali (tertinggi di Utara). benua Amerika). benua).

Rencananya, setelah mendaki Gunung Vinson dan menjelajahi Kutub Selatan, Putri Handayani akan mendaki Everest yang merupakan puncak tertinggi di dunia dan menjelajahi Kutub Utara pada tahun 2024.

You May Also Like

About the Author: Dea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *