Film Hebat dengan Judul yang Dinilai Buruk dan Membingungkan Penonton

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Membuat film yang bagus tidak memerlukan kombinasi bahan yang tepat Terkadang penggunaan judul film yang tepat terabaikan, padahal judul adalah identitas film tersebut.

Menurut Screen Rant, Jumat (8/12/2023), judul film adalah hal pertama yang akan “dipelajari” penonton tentang film tersebut dan menentukan seperti apa pengalaman mereka di masa depan. Judul terbaik menarik penonton ke dalam cerita sekaligus mencerminkan nada atau tema film, memberikan gambaran kepada penonton tentang apa yang diharapkan.

Di sisi lain, ada headline yang lebih menyesatkan dibandingkan pesan yang disampaikan. Ini mengacaukan ekspektasi penonton. Sama seperti Anda tidak boleh menilai buku dari sampulnya, terkadang film bagus pun berakhir dengan nama buruk:

1. Tahun (1995)

Film Se7en menarik dan membosankan, satu-satunya kesalahan adalah gimmick di tengah judulnya. Menggunakan huruf dengan angka adalah teknik yang sering digunakan untuk membuat ulang fitur-fitur yang lebih baru atau lebih lama dalam seri (Scre4m, Fant4stic).

Hal ini digunakan sebagai upaya untuk memastikan bahwa properti tersebut masih segar. Mengingat konsep baru Se7en, angka-angka tersebut hanya berfungsi sebagai pengalih perhatian. Aspek menarik dari pengalaman menonton dan akhir dari Se7en sangat berkesan.

2. Mati Keras dengan Pembalasan (1995)

Die Hard merupakan sekuel terbaik dari Die Hard dengan balas dendam. Film ini menampilkan John McClane yang diperankan Bruce Willis berhadapan dengan Simon Gruber yang diperankan Jeremy Irons, seorang penjahat baru.

Namun perebutan tersebut dinilai terlalu berisik dan berisiko merusak bangunan. Balas dendam adalah tindakan balas dendam, dan tidak ada yang lebih jahat dari para pahlawan film selain keluarga Gruber. Dimasukkannya saingan dari film pertama memberikan perubahan besar, tetapi referensi cerdas ini tidak perlu digantungkan pada judulnya. Die Hard 3 akan menarik penonton yang sama.

READ  Ikut Pagelaran 'Sukabumi 1980', Ariel Tatum Mengaku Senang Menari Sejak Kecil

3. Mereka menembak kuda, bukan? (1969)

Dalam konteks filmnya mereka menembak kudanya, bukan? Pada akhirnya, hal ini masuk akal, namun pengingat mendalam tentang hari-hari tergelap Amerika ini layak mendapatkan sesuatu yang lebih menarik. Sayangnya karena judulnya yang buruk, film ini tidak mendapatkan penonton yang tepat.

4. Kota Masa Depan (2014)

Edge of Tomorrow adalah kombinasi aksi dan fiksi ilmiah. Namun judul The Edge of Tomorrow menghubungkan visi konstruksi cerita secara langsung dengan hal-hal yang tak terelakkan, yaitu kehidupan, kematian, pengulangan pada tema cerita yang berulang.

Edge of Tomorrow mencoba menyembunyikan premis sebenarnya dari film tersebut bahwa karakter Tom Cruise mati berkali-kali, tanpa memberikan petunjuk apa pun tentang aspek cerita yang paling menarik. Sebaliknya, judulnya harus mempromosikan aspek film ini. Judulnya dimaksudkan untuk terhubung dengan penonton, dan Edge of Tomorrow melewatkan kesempatan untuk terhubung dengan mereka.

5. Star Trek Menuju Kegelapan (2013)

Perjalanan kedua sutradara JJ Abrams ke bintang-bintang membuktikan bahwa serial Star Trek berada di tangan yang tepat. Namun keputusan untuk meninggalkan konvensi standar Star Trek: The Motion Picture ke Star Trek: Nemesis membuat film ini berbeda dari pendahulunya. Ini adalah pilihan yang membingungkan, mengingat Star Trek Into Darkness menciptakan kembali konflik antara Spock dan Khan serta upaya Guardians untuk menghancurkan Starfleet.

You May Also Like

About the Author: melia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *