Bulu Burung Bluebird Inspirasi Teknologi Baterai Tahan Lama

JAKARTA – Burung Bluebird tidak hanya memiliki bulu yang indah, namun teknologi daya tahan baterai menjadi inspirasi mereka. Rambut juga memiliki struktur unik yang dapat digunakan dalam aplikasi berkelanjutan seperti baterai dan penyaringan air.

Warna bulu burung yang biru cerah bukan karena warnanya. Sebaliknya, warna-warna tersebut berasal dari jaringan saluran selebar ratusan nanometer yang mengalir melalui bulu.

Penciptaan jaringan Bluebird mendorong para peneliti di ETH Zurich untuk membuat ulang materi ini di laboratorium, lapor The Next Web, Jumat (12 Agustus 2023). Mereka telah mengembangkan bahan sintetis yang memiliki desain mirip bulu biru. Bahan tersebut diduga memiliki manfaat yang bermanfaat seperti daya tahan baterai yang lebih lama.

Para peneliti bereksperimen dengan karet silikon transparan yang dapat diregangkan dan diubah bentuknya. Itu dimasukkan ke dalam larutan minyak dan dibiarkan membengkak selama beberapa hari dalam oven yang dipanaskan hingga 60 derajat Celcius. Dinginkan dan hapus.

Para peneliti mengamati bahwa struktur nano karet berubah selama perawatan dan mengidentifikasi struktur jaringan yang mirip dengan bulu biru. Perbedaan utama pada ketebalan aliran buatan adalah bulu burung memiliki ketebalan 200 nanometer, sedangkan bulu sintetis memiliki ketebalan 800 nanometer.

Pencapaian ini merupakan hasil dari metode baru berdasarkan pemisahan fasa matriks polimer dan larutan berminyak. Pemisahan fase adalah fenomena fisik umum yang kita lihat setiap hari. Misalnya, pada saus salad yang dibuat dengan minyak dan cuka, bahan-bahannya akan terpisah jika Anda tidak mengocoknya dengan kuat, dan akan terpisah lagi saat Anda berhenti mengocoknya.

Namun zat juga dapat tercampur dengan pemanasan dan dipisahkan dengan pendinginan, yang dilakukan para ilmuwan di laboratorium.

READ  Ilmuwan Ciptakan Robot Biologis dari Sel Manusia, Bisa Sembuhkan Penyakit

“Kami dapat mengontrol dan memilih metode pembuatan saluran selama pemisahan bagian. Kami dapat menghentikan proses tersebut sebelum kedua bagian tersebut disatukan kembali,” begitulah penelitiannya.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *