Dianggap Mistis, Fenomena Halo Terjadi di Langit Inggris

LONDON – Fenomena langka terjadi di langit dan warga Inggris terkesima saat melihat cincin terang di sekitar Bulan.

Seperti diberitakan Daily Express, kejadian aneh itu terjadi Sabtu pekan lalu. Fenomena yang disebut juga Halo ini disebabkan oleh pembiasan cahaya bulan oleh kristal es yang terbentuk di atmosfer pada musim dingin.

Fenomena ini bisa dilihat di berbagai tempat di Inggris seperti Surrey, Kent dan Derbyshire. Orang-orang menggunakan media sosial untuk berbagi gambar halo.

Warga Inggris Greg McPhillips (60) berkata: “Fenomena ini cukup mistis. Ini membuat saya bertanya-tanya bagaimana reaksi orang-orang yang hidup ratusan tahun lalu ketika melihat hal ini terjadi.”

Warga lainnya, Helen Challand, 42, dari Buxton, Derbyshire, mengatakan: “Saya keluar pada malam hari untuk melihat aurora (cahaya terang) dan melihat Bulan memiliki lingkaran cahaya yang indah di sekelilingnya dan (planet) Jupiter di sampingnya. dari”.

Efek halo merupakan fenomena optik berupa lingkaran cahaya yang mengelilingi matahari atau bulan. Fenomena ini terjadi karena sinar matahari atau cahaya bulan dibiaskan oleh kristal es atau uap air di atmosfer.

Penyebab terjadinya efek halo adalah adanya kristal es atau uap air di atmosfer yang berbentuk batang atau prisma. Kristal es atau uap air ini dapat ditemukan di awan cirrus, awan cirrostratus, atau awan altostratus.

Sinar matahari atau cahaya bulan yang melewati kristal es atau uap air akan dibiaskan ke arah yang berbeda. Pembiasan ini akan menghasilkan lingkaran cahaya berwarna putih atau beraneka warna.

READ  Bergoyang selama 8,5 Tahun, Ilmuwan Klaim Inti Bumi Tidak Sejajar

You May Also Like

About the Author: Dea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *